Panduan Belajar Internet Marketing

Selamat !!! Anda Telah Menemukan Cara Mengatasi Kemiskinan

Sunday, February 3, 2008

RPP Kelas I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : MAN Salatiga
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 Pertemuan )

A. Standar Kompetensi :
Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi

B. Kompetensi Dasar :
Menggunakan alat ukur listrik

C. Indikator :
1. Menggunakan voltmeter dalam rangkaian
2. Menggunakan amperemeter dalam rangkaian
3. Menggunakan multimeter dalam rangkaian

D. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggunakan alat ukur voltmeter, amperemeter, dan multimeter dalam sebuah rangkaian listrik

E. Materi Pembelajaran :
Alat ukur Listrik
· Cara menggunakan voltmeter, dan amperemeter
Amperemeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kuat arus yang melalui sebuah rangkaian.
Pengukuran kuat arus pada rangkaian dilakukan dengan cara menyisipkan amperemeter langsung pada rangkaian (dirangkai seri). Lihat gambar.
Keterangan:
A = amperemeter
V = sumber tegangan
R = hambatan


Voltmeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan diantara dua titik pada rangkaian. Voltmeter harus dihubungkan pada dua titik dan tidak disisipkan ke dalam rangkaian seperti amperemeter. Lihat gambar.
Keterangan:
V = voltmeter
V = sumber tegangan
R = hambatan


· Cara membaca pengukuran voltmeter dan amperemeter

F. Metoda Pembelajaran :
Praktikum

G. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan ke-1.
Kegiatan Awal :
1. Di laboratorium, guru membuka pertemuan dengan memperlihatkan berbagai alat ukur, seperti voltmeter dan amperemeter. Siswa diharapkan dapat menyebutkan nama berbagai alat yang mereka ketahui serta fungsinya.
2. Setelah menyiapkan alat, guru membagi kelompok berdasarkan jumlah alat yang tersedia.
Kegiatan Inti :
1. Dengan pengarahan dan bimbingan guru siswa melakukan percobaan mengindentifikasi alat ukur listrik yang diberikan, memberi nama dan mencacat spesifikasi alat ukur tersebut.
2. Guru menjelaskan kegunaan dan membuat skema cara memasang amperemeter dan voltmeter.
3. Siswa melakukan percobaan cara memasang amperemeter dan voltmeter.
4. Siswa melakukan pengukuran kuat arus yang lewat resistor pada rangkaian berikut
5. Siswa melakukan pengukuran tegangan pada ujung-ujung resistor pada rangkaian berikut
6. Siswa menyimpulkan hasil percobaan dan melaporkan secara kelompok dalam bentuk presentasi.

Kegiatan Akhir :
1. Guru memberikan beberapa gambar Voltmeter dan Amperemeter lengkap dengan skala dari hasil pengukuran yang ditampilkan melalui LCD atau karton.
2. Siswa disuruh menjawab hasil dari gambar-gambar yang ditayangkan tadi.
H. Alat / Sumber Belajar :
Sumber: Buku paket Fisika
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat:
voltmeter, amperemeter, multimeter, power suply, resistor, kabel , media presentasi (LCD Proyektor)
I. Penilaian :
- Teknik : Penilaian kerja (sikap dan praktik)
- Bentuk Instrumen : Tes praktik, uraian nonobjektif dan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda
- Contoh Instrumen :

No comments:

Loading...

Thank's For Your Visit